Follow Us

Follow Us

Follow Us

Follow Us

STAINIM Ikuti International Islamic Education Exhibition 2017

STAINIM pada 21-24 November 2017, mengikuti Pameran Pendidikan Islam (International Islamic Education Exhibition) 2017 bersama Kopertais wilayah IV Surabaya. Acara ini berlangsung di Indonesian Convention Exhibition (ICE), Bumi Serpong Damai, Tangerang.

Pameran pendidikan yang dibuka oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, ini menjadi even pendidikan terbesar yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama RI pada akhir 2017. Berbagai acara digelar dalam expo ini, antara lain Seminar Internasional Tahunan tentang Studi Islam (Annual International Conference on Islamic Studies, AICIS), Deklarasi Jakarta, Apresiasi Pendidikan Islam (API), Seminar Internasional tentang Studi Pesantren, dan Pentas Seni Pelajar dan Mahasiswa. Dan dimeriahkan oleh sekitar 200 stand pameran terdiri dari lembaga-lembaga pendidikan dan mitra dari dalam dan luar negeri.

Tujuan pameran tersebut adalah untuk menampilkan pendidikan Islam Indonesia agar lebih dikenal dengan baik oleh masyarakat luas secara nasional maupun internasional. Dengan mengunjungi pameran diharapkan para pengunjung akan mendapatkan kemanfaatan memperoleh berbagai macam informasi mengenai khazanah pendidikan Islam di Indonesia di masa lampau maupun perkembangannya saat ini.

Bagi Pemerintah Indonesia, khususnya Kementerian Agama RI, pameran ini dianggap penting dan strategis untuk mempromosikan potensi-potensi yang dimiliki. Indonesia adalah negara dengan penduduk beragama Islam terbesar di dunia. Dengan jumlah penduduk Muslim tak kurang dari 200 juta (87,2% dari total penduduk), menjadikan Islam sebagai agama yang paling dominan di negeri ini.

Selain itu, Indonesia juga dikenal sebagai kawasan dengan beraneka ragam budaya lokal dan berbagai macam etnis serta agama. Meskipun demikian, mereka dapat hidup berdampingan secara damai dan harmonis. Terbentangnya kawasan Indonesia sebagai negara kepulauan juga merupakan potensi tersendiri bagi negeri ini, karena telah berkontribusi cukup signifikan terhadap terbentuknya keragaman sosial dan budaya, termasuk pendidikan Islam yang beragam baik dari sisi bentuk maupun praktik pembelajarannya.

Dibandingkan dengan negara Muslim lainnya, Indonesia lebih unggul dalam hal jumlah lembaga pendidikan Islam di bawah Kementerian Agama, mulai dari madrasah (sekitar 75.000 lembaga), pesantren (28.000), hingga lembaga pendidikan tinggi keagamaan Islam (600).

Berdasarkan potensi-potensi tersebut di atas, Indonesia layak mendapatkan pengakuan sebagai salah satu pusat peradaban dunia. Keberadaan Islam di Indonesia dengan berbagai sumber daya, baik manusia (intelektual), akademik (karya-karya ilmiah) maupun lembaga (ormas, sekolah, perguruan tinggi), tak pelak lagi patut diketahui secara lebih luas oleh masyarakat internasional.


SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM AN NAJAH INDONESIA MANDIRI

Jl. Raya Sarirogo No.1, Sidoarjo - Jawa Timur, Indonesia
Telp. 031-99700528
Email : info@stainim.ac.id
Kontak Sosial Media